Rabu, 27 Februari 2013

5 Kerugian Mengcopas Artikel

5 Kerugian Mengcopas Artikel - Semakin berkembangnya tekhnologi dan internet, semakin mudah juga seseorang dalam mengakses suatu informasi baik informasi berupa edukasi, politik, infotainment, kesehatan, olahraga, dan masih banyak lagi informasi lainnya yang bisa diakses dengan mudah .

Oleh karena mudahnya pengaksesan informasi, maka akan semakin mudah pula seseorang untuk berbagi informasi terutama dalam soal blogging. Ada banyak cara yang dilakukan seorang blogger untuk membagi informasi yang dimilikinya. Bisa mulai dari menulis postingan secara original bahkan membuat postingan secara copy paste.

Namun, meskipun sifatnya berbagi, apabila sebuah postingan yang dibagi berasal dari hasil copy paste, pasti ada saja kerugiannya.

  1. Kebiasaan malas berkembang

    Jika sobat telah memutuskan untuk menjadi seorang blogger, maka tanggung jawab sobat selanjutnya adalah membuat postingan. Postingan yang dibuat seorang blogger biasanya berasal dari tulisan sendiri, namun tak jarang juga mereka memakai jasa orang lain untuk membuat suatu artikel.

    Biasanya seorang blogger yang memanfaatkan tulisan sendiri akan mencari bahan atau referensi tertentu untuk artikel yang akan ditulisnya. Namun ada juga yang mencari tulisan lain untuk kemudian dipublikasikan di blognya sendiri.

    Hal tersebut apabila dilakukan oleh seorang blogger, maka kebiasaan malas akan berkembang karena enggan untuk menulis postingannya sendiri. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, maka besar kemungkinan kebiasaan malas akan meluas kepada kehidupan seorang blogger copas tersebut.

  2. Blog akan menjadi jelek di mata google

    Dengan mempublikasikan sebuah postingan yang merupakan hasil copy paste artikel dari blog lain, maka besar kemungkinan blog sobat akan jelek di mata google. Mengapa demikian? Blog yang penuh dengan postingan hasil duplikat artikel dari blog lain, akan dianggap oleh google sebagai blog spam dan google sangat tidak menyukai blog spam karena hal tersebut hanya akan memenuhi SERP.

    Untuk mengatasi SERP yang penuh dengan hasil duplikat atau konten sampah, maka google akan mengambil tindakan berupa melempar blog copas tersebut dari SERP mereka dan pada akhirnya trafik yang sumbernya dari google pun akan berkurang.

  3. Menjatuhkan harga diri blogger lain

    Jika seorang blogger adalah blogger copas yang tidak mengerti etika atau seorang yang egois, maka mungkin mereka akan terus melakukan aksinya dan tidak memperdulikan sama sekali terhadap hasil jerih payah orang lain. Tapi bagi seorang blogger yang terus memposting suatu artikel original dan kemudian artikel tersebut dicopas blogger lain, maka mungkin bagi mereka hal itu hanya akan menjatuhkan harga diri mereka.

    Bayangkan saja, mungkin si blogger original ini telah mempersiapkan artikel originalnya selama seminggu. Mulai dari mempersiapkan bahan atau referensi, kerangka artikel, judul artikel, dan masih banyak lagi persiapan yang lainnya. Lalu kemudian hasil artikel original mereka dicopas oleh blogger lain dalam waktu yang singkat. Bagaimana terpukulnya si blogger original tersebut.

  4. Ditolak beberapa adsense

    Jika sobat blogger berniat untuk membuat blognya sebagai ajang cari uang lewat adsense, sebaiknya berpikir ulang dalam mempublikasikan konten duplikat. Karena ada banyak adsense yang enggan menerima blog-blog yang mengandung konten duplikat.

    Blog-blog yang kontennya original saja tidak selamanya diterima, apalagi blog-blog copas.

  5. Tidak Kreatif

    Dalam menulis suatu tulisan maka keahlian utama yang diperlukan adalah adanya kekreatifitasan. Tanpa hal tersebut, maka sang penulis akan bingung apa yang akan ditulis selanjutnya. Untuk membentuk kekreatifitasan tersebut maka sang penulis akan mencari bahan atau referensi lainnya.

    Begitu pula halnya dengan blogging, apabila tidak ada kekreatifitasan dalam diri sang blogger maka blogger akan bingung dan pada akhirnya memutuskan untuk melakukan aksi copas artikel dari blog lain.

    Jika sobat sendiri ingin melatih kekreatifitasan sobat, maka hal utama yang harus dilakukan adalah menghindari aksi copas artikel orang lain. Karena dengan sobat menulis sendiri, maka kekreatifitasan sobat akan terlatih.

Demikian artikel 5 Kerugian Mengcopas Artikel ini, semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulislah komentar yang santun dan tidak ada unsur spam (hujatan, tidak relevan dengan artikel, berisi link, promosi, dsb)

Terima kasih telah berkomentar

 
© Copyright 2013. semangatserigala.blogspot.com . All rights reserved | semangatserigala.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Semangat Serigala and Blognya Venny