Kamis, 14 Februari 2013

3 Hal Utama Dalam Membangun Blog

 3 Hal Utama Dalam Membangun Blog

3 Hal Utama Dalam Membangun Blog - Sobat sedang memulai membuat blog? Apa yang membuat sobat memilih untuk memulai aktivitas blogging?

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi sobat dalam memulai suatu aktivitas, seperti halnya blogging. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi sobat untuk memulai blogging, seperti diajak teman, ingin menambah pahala dengan membuat blog sebagai media dakwahnya, hingga mencari penghasilan dengan blog sebagai ladang uangnya.

Nah, sebelum atau pada saat membangun blog, perlu diketahui hal-hal yang penting yang berkaitan dengan pembuatan blog, terlebih lagi kalau itu adalah blog gratisan seperti blog ini.
  1. Niche

    Niche pada blog sendiri bisa diartikan sebagai tema utama pada blog yang tujuannya adalah menargetkan pada sasaran tertentu. Misalkan saja sobat menginkan niche blog yang bertema kesehatan, maka mungkin sobat ingin menyasar kalangan-kalangan yang sedang sakit ataupun yang sedang berusaha menjaga kesehatan atau sobat membangun suatu blog dengan niche entertainment and celebrity maka pasar yang sobat targetkan adalah para ibu-ibu, remaja putri, atau mereka yang sedang membutuhkan informasi tentang celebrity.

    Penentuan niche untuk suatu blog merupakan hal yang sangat penting karena hal tersebut akan membangun suatu identitas bagi blog sobat. Selain itu dengan adanya niche tertentu pada blog sobat, maka blog sobat akan menjadi unik. Namun, ada juga blogger yang membangun blognya dengan niche general dengan menargetkan semua kalangan.

  2. Template

    Selain niche pada blog yang dapat membangun identitas pada blog sobat, pemilihan templatepun menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah blog. Memang ada template bawaan, baik dari blogspot maupun wordpress,namun akan lebih baik lagi jika sobat memilih template suatu blog yang relevan dengan niche blog sobat. Misalkan niche blog sobat tentang korea, maka template yang cocok adalah template yang berbau korea. Dengan pemilihan template yang relevan dengan niche sobat, maka blog sobat akan mendapatkan identitas diri.

    Namun hal yang terpenting adalah template sobat haruslah template yang bersifat SEO Friendly. Karena dengan template yang SEO Friendly, maka pengunjung blog sobat akan merasa nyaman dengan blog sobat. Selain itu juga, dengan blog yang memiliki template SEO friendly, google akan semakin suka kepada blog sobat dan hal tersebut akan menarik pengunjung blog.

  3. Postingan

    Hal utama yang menjadi tugas para blogger adalah membuat postingan. Tanpa postingan, suatu blog tidak ada artinya. Kalau diibaratkan bagai suatu toko tanpa barang-barang atau jasa yang akan diperjualbelikan, begitu pula dengan blog.

    Mungkin sobat blogger sendiri telah biasa menulis, mungkin tulisan tentang pribadi sobat, hobi, berita, dan lain sebagainya. Tuangkanlah tulisan sobat tersebut ke dalam blog sobat dan yang pasti tulisan sobat harus relevan dengan tema blog sobat. Karena akan terasa aneh jika blog dengan tema tertentu diisi dengan tema yang lain. Misalnya saja, blog sobat memiliki tema utama kesehatan, akan terasa aneh jika sobat mengisinya dengan postingan yang berbau otomotif.

    Postingan yang sobat publikasikan di blog sobat haruslah postingan unik dalam artian tidak copy paste atau menduplikasi hasil tulisan dari blog lain. Karena hal tersebut hanya akan menjatuhkan harga diri sobat dan akan menurunkan kepercayaan google kepada blog sobat.

Mungkin sobat memiliki pemikiran lain mengenai hal penting utama dalam membangun suatu blog selain 3 hal di atas. Jika sobat punya, silahkan berkomentar pada kolom komentar yang telah disediakan.

Demikian artikel 3 Hal Utama Dalam Membangun Blog ini, semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulislah komentar yang santun dan tidak ada unsur spam (hujatan, tidak relevan dengan artikel, berisi link, promosi, dsb)

Terima kasih telah berkomentar

 
© Copyright 2013. semangatserigala.blogspot.com . All rights reserved | semangatserigala.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Semangat Serigala and Blognya Venny