Minggu, 03 Maret 2013

4 Cara Copy Paste yang Baik dan Beretika

4 Cara Copy Paste yang Baik dan Beretika - Melakukan kegiatan Copy Paste adalah jalan instan yang ditempuh sebagian blogger dalam rangka pembuatan artikel. Tentunya kegiatan copy paste ini dilakukan mengingat pertimbangan waktu yang lama dalam pembuatan suatu artikel yang original.

Menyiapkan sebuah artikel untuk kemudian dipublikasikan ke dalam blog sobat, pasti akan memakan waktu yang lama karena banyaknya tahapan yang harus dilalui. Mulai dari tahapan pencarian ide untuk tema apa yang diangkat dalam suatu artikel, referensi apa yang tepat, bagaimana kerangkanya, apa judul yang tepat dan menarik, hingga sampai pada proses pengetikan.

Karena proses yang lama itulah dan karena sebagian orang tidak mau repot-repot mengurusi masalah seperti itu, maka tindakan copy paste dipilih sebagai alternatif dalam mempersingkat waktu.

Tapi kalau memang sobat memilih untuk melakukan tindakan copy paste tetapi tetap tidak ingin merugikan diri sendiri maupun orang lain, sebaiknya ketahuilah cara-cara yang legal untuk meng-copy paste artikel lain.

  1. Minta izin kepada pemilik

    Analogikan pemilik blog dengan pemilik sebuah rumah. Seandainya sobat ingin mengambil buah mangga di halaman rumah seseorang, pastinya sobat harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik rumah, sama halnya seperti sobat pada saat melakukan tindakan copy paste artikel dari blog lain.

    Pastikan sobat meminta izin si empunya artikel dengan cara berkomentar pada artikel tersebut atau supaya lebih sopan, cobalah untuk mengirimkan sebuah e-mail atau SMS. Tunggu balasan dari pemilik artikel, apakah boleh atau tidak. Kalau seandainya si pemilik artikel belum memberikan balasan sama sekali, sebaiknya jangan dulu meng-copy paste artikel tersebut.

  2. Edit kembali artikel

    Saat sobat sudah diberikan izin oleh sang pemilik artikel untuk menduplikasi artikel miliknya, langkah selanjutnya yang harus sobat tempuh adalah mengedit kembali artikel tersebut. Walaupun pemilik telah memberikan izin untuk artikelnya, tapi google sangat tidak mentoleransi adanya konten duplikat di SERP-nya.

    Edit artikel yang sobat ambil minimal 50% dari aslinya. Biasanya bagian yang diedit adalah bagian awal paragraf dan akhir paragraf dari suatu artikel.

  3. Sertakan link sumber

    Setelah melakukan kegiatan pengeditan sebuah artikel hasil copy paste, jangan lupa untuk memberikan link sumber ke pemilik asli artikel tersebut.

    Berikanlah bentuk penghargaan kepada pemilik asli. Hal ini membuktikan bahwa ada tindak balas jasa dari sobat sehingga apabila sobat ingin menduplikasi hasil artikelnya, maka mungkin si pemilik blog tidak akan sungkan lagi memberikan izin.

    Dengan memberikan link sumber, sobat secara tidak langsung telah memberikan suatu bentuk penghargaan dan mungkin efek yang diterima oleh si pemilik asli adalah mendapatkan pengunjung dari blog sobat.

  4. Akui bahwa artikel tersebut hasil copy paste

    Sekalipun sobat telah melakukan cara-cara yang elit untuk mengambil artikel milik orang lain. Tapi ingatlah untuk selalu mengakui bahwa artikel yang telah sobat publikasi, bukanlah artikel asli milik sobat. Karena apabila sang pemilik asli artikel mengetahui bahwa sobat mengklaim artikel tersebut, maka besar kemungkinan sobat akan dilaporkan ke pihak berwajib.

Demikian artikel 4 Cara Copy Paste yang Baik dan Beretika ini, semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulislah komentar yang santun dan tidak ada unsur spam (hujatan, tidak relevan dengan artikel, berisi link, promosi, dsb)

Terima kasih telah berkomentar

 
© Copyright 2013. semangatserigala.blogspot.com . All rights reserved | semangatserigala.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Semangat Serigala and Blognya Venny